Membuat dan Menguji Efek dalam Movie
Untuk menambah kreasi vector
art dalam Flash, anda dapat mengimpor image-image
bitmap yang menggunakan pixel
untuk menampilkan grafik ke dalam movie, dan
juga mengaplikasikan berbagai efek pewarnaan.
Jika anda ingin mengimpor sebuah file ke dalam Flash,
anda dapat melakukannya langsung ke dalam library.
1.
Tambahkan sebuah layer
baru pada Timeline.
2.
Pilih File > Import to Library.
Jika
anda memilih Import to Library dan bukan Import, image akan diletakkan terlebih dahulu pada Stage sebelum dimunculkan.
3.
Buka file yang ingin anda impor ke dalam library.
4.
Pada dialog box Fireworks
PNG Import Settings, klik Import as a Single Flattened Bitmap, kemudian klik
OK.
Memodifikasi Kompresi Bitmap
Ketika anda mengimpor suatu image, anda dapat meninjau dan memodifikasi setting yang mengkompresi image.
Kompresi image dapat mengurangi
ukuran file dari movie anda, namun
dapat mempengaruhi pula kualitas image yang
ditampilkannya; tujuan utamanya adalah untuk memberi keseimbangan antara setting kompresi dengan kualitas image.
1. Jika panel Library tidak
terbuka, pilih Window > Library. Anda dapat melihat file-file yang telah anda impor.
2. Klik ganda pada salah satu file. JPEG
compression merupakan pilihan default kompresi.
3. Pada menu pop-up Compression,
pilih Lossless (PNG/GIF) untuk mendapatkan kualitas image yang lebih baik.
Membuat dan melihat Symbols Movie Clips
Membuat Keyframe
Animasi
dengan Motion Tweening
Properti Motion
Tween
· Orient to path: tandai menu ini saat
menggunakan layer motion guide. Ini dapat membuat objek mengikuti guide line dengan titik acuan titik
tengah objek
Motion Guide
4. Untuk menguji bagaimana image
ditampilkan dengan setting yang baru,
klik Test. Jika perlu, drag image ke dalamview pada window preview.
Setelah selesai mem-preview image, klik OK.
5. Kembali pada panel
Library. Klik ganda pada file yang selanjutnya dan ulangi langkah 3, kemudian
klik OK.
Membuat dan melihat Symbols Movie Clips
Symbol Movie
Clip beroperasi secara tersendiri pada Timeline utama. Ketika anda menginginkan sebuah animasi yang
berulang-ulang pada sebuah frame
dalam Timeline, anda dapat menyimpan
animasi ini pada Timeline di dalam
sebuah Movie Clip pada frame tersebut.
Instance Movie
Clip dapat memiliki action
yang diaplikasikan kepadanya dan dapat di kontrol darimana saja di dalam movie Flash menggunakan ActionScript. Isinya dapat berupa
animasi, kontrol interaktif, sound,
dan bahkan movie clip lain. Tidak
seperti symbol Graphic, anda hanya
dapat melihat frame pertama dari movie clip pada timeline utama.
1.
Klik menu Insert, lalu klik New Symbol untuk membuat symbol yang baru atau Insert > Convert
to Symbol (F8) untuk membuat suatu image
menjadi symbol.
2. Klik option Movie Clip.
3. Klik OK
4. Tambahkan content anda pada timeline Movie Clip.
5.
Kembali ke Timeline
utama dengan meng-klik tombol Back atau nama Scene pada Edit bar
6. Drag
symbol movie clip
yang anda baru buat ke Stage dari Library
7. Klik menu Control, lalu
klik Test Movie untuk menjalankannya.
Membuat Keyframe
Keyframe adalah frame dimana kita hendak menentukan
titik perubahan pada animasi yang hendak dibuat. Pada animasi (frame by frame) semua frame yang ingin kita buat berubah
merupakan keyframe. Untuk membuat keyframe caranya:
1.
Pilih
frame yang hendak diberi keyframe
2.
Klik
kanan pada frame tersebut
3. Pilih Insert Keyframe
Animasi
dengan Motion Tweening
Sangatlah repot jika kita harus
membuat animasi secara frame by frame, selain waktu yang lama ukuran file pun
akan membengkak. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menggunakan
fasilitas Motion Tween pada Macromedia Flash. Dengan ini kita hanya perlu
menentukan titik awal dan titik akhir dari animasi yang hendak kita buat.
Untuk lebih jelasnya maka kita akan
membuat animasi sederhana dengan cara motion
tween dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Buat
sebuah movie baru dengan memilih menu File>New. Kemudian simpan dengan nama tween.fla
2.
Pilih
frame pertama
3.
Impor
gambar ke stage (ctrl + R)
4.
Klik kanan pada keyframe
pertama lalu pilih create motion tween
5. Insert
keyframe pada frame 20,
lalu pindahkan gambar mobil ke arah kanan.
6. Untuk
melihat hasil dari animasi yang baru saja dibuat, pilih menu Control>Play
atau cukup tekan (Ctrl+Enter). Sekarang anda telah menguasai cara membuat
animasi sederhana dengan menggunakan motion
tweening.
Properti Motion
Tween
Untuk
pengaturan motion tween, dapat
dilakukan melalui Property inspector. Option
motion tween dapat diatur ketika frame
yang telah diberi tween dipilih.
Properti-properti motion tween adalah sebagai berikut:
· Tween: Dalam
menu ini teradapat pilihan antara motion tween, motion shape, atau tidak
kedua-duanya (dalam bahasan kali ini menu yang dipilih adalah motion tween)
· Scale: tandai menu ini jika
terdapat perubahan ukuran dalam animasi
· Rotate:
Menentukan jenis dan frekuensi putaran dalam animasi
· Sync: tandai
menu ini untuk me-synchronizes-kan
animasi dalam simbol pada time line yang terdapat didalamnya.
· Snap: tandai
menu ini untuk menyambungkan objek dengan motion guide
· Ease:
digunakan untuk mengatur akselerasi dari sebuah objek dalam motion tween
Motion Guide
Motion guide berfungsi untuk membuat objek yang hendak dianimasikan
berjalan sesuai dengan path yang
telah ditentukan. Hal ini sangat berguna untuk membuat gerakan-gerakan animasi
yang cukup rumit. Disini anda hanya membutuhkan sebuah garis yang akan
dijadikan titik acuan gerakan, dan membuatnya menjadi motion guide, maka objek yang akan dianimasikan akan mengikuti
garis acuan yang telah dibuat. Untuk lebih jelasnya kita akan membuat sebuah
animasi sederhana dengan menggunakan motion
guide. Langkah-langkah
yang harus dilakukan antara lain:
1.
Buat
sebuah movie baru dengan cara memilih menu File>New,
kemudian save file tersebut dengan nama motionguide.fla.
2.
Create
new symbol kemudian isi Name dengan kupu-kupu dan behavior dengan Graphic
3.
Impor
gambar kupu2 ke stage
4.
Buka
Library, drag gambar kupu-kupu ke
layar kerja.
5. Ganti nama layer
anda dengan kupu-kupu dengan cara mengklik ganda layer1, lalu tekan Enter.
6. Kemudian
buat guide layer-nya dengan cara klik
kanan layer kupu2 lalu pilih Add
Motion Guide.
7. Setelah
guide layer dibuat, pastikan anda
bekerja pada layer tersebut dengan
cara klik layer tersebut. Lalu buatlah path
seperti berikut :
8.
Pilih frame
pertama pada kupu2, klik kanan lalu pilih Create Motion tween.
9. Insert
keyframe pada frame 40
pada Guide layer, dan buat juga keyframe pada frame 40 pada Layer
kupu-kupu. Dan Drag kupu-kupu sampai
ke ujung path yang telah dibuat.
10. Uji
movie yang telah anda buat dengan
cara memilih menu Control>Play (Ctrl+Enter).
Kupu-kupu akan berjalan sesuai dengan path
yang telah kita gambarkan sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar