Senin, 27 Mei 2013

Flash : Lanjutan (2)


Membuat dan Menguji Efek dalam Movie

Untuk menambah kreasi vector art dalam Flash, anda dapat mengimpor image-image bitmap yang menggunakan pixel untuk menampilkan grafik ke dalam movie, dan juga mengaplikasikan berbagai efek pewarnaan.
Jika anda ingin mengimpor sebuah file ke dalam Flash, anda dapat melakukannya langsung ke dalam library.
1.    Tambahkan sebuah layer baru pada Timeline.
2.    Pilih File > Import to Library.
Jika anda memilih Import to Library dan bukan Import, image akan diletakkan terlebih dahulu pada Stage sebelum dimunculkan.
3.    Buka file yang ingin anda impor ke dalam library.
4.    Pada dialog box Fireworks PNG Import Settings, klik Import as a Single Flattened Bitmap, kemudian klik OK.

        Memodifikasi Kompresi Bitmap

Ketika anda mengimpor suatu image, anda dapat meninjau dan memodifikasi setting yang mengkompresi image. Kompresi image dapat mengurangi ukuran file dari movie anda, namun dapat mempengaruhi pula kualitas image yang ditampilkannya; tujuan utamanya adalah untuk memberi keseimbangan antara setting kompresi dengan kualitas image.
1. Jika panel Library tidak terbuka, pilih Window > Library. Anda dapat melihat file-file yang telah anda impor.
2. Klik ganda pada salah satu file. JPEG compression merupakan pilihan default kompresi.
3. Pada menu pop-up Compression, pilih Lossless (PNG/GIF) untuk mendapatkan kualitas image yang lebih baik.
4. Untuk menguji bagaimana image ditampilkan dengan setting yang baru, klik Test. Jika perlu, drag image ke dalamview pada window preview. Setelah selesai mem-preview image, klik OK.

5. Kembali pada panel Library. Klik ganda pada file yang selanjutnya dan ulangi langkah 3, kemudian klik OK.

Membuat dan melihat Symbols Movie Clips

Symbol Movie Clip beroperasi secara tersendiri pada Timeline utama. Ketika anda menginginkan sebuah animasi yang berulang-ulang pada sebuah frame dalam Timeline, anda dapat menyimpan animasi ini pada Timeline di dalam sebuah Movie Clip pada frame tersebut.
Instance Movie Clip dapat memiliki action yang diaplikasikan kepadanya dan dapat di kontrol darimana saja di dalam movie Flash menggunakan ActionScript. Isinya dapat berupa animasi, kontrol interaktif, sound, dan bahkan movie clip lain. Tidak seperti symbol Graphic, anda hanya dapat melihat frame pertama dari movie clip pada timeline utama.
1.     Klik menu Insert, lalu klik New Symbol untuk membuat symbol yang baru atau Insert > Convert to Symbol (F8) untuk membuat suatu image menjadi symbol.
2.     Klik option Movie Clip.
3.     Klik OK
4.     Tambahkan content anda pada timeline Movie Clip.
5.     Kembali ke Timeline utama dengan meng-klik tombol Back atau nama Scene pada Edit bar
6.     Drag symbol movie clip yang anda baru buat ke Stage dari Library
7.     Klik menu Control, lalu klik Test Movie untuk menjalankannya.

Membuat Keyframe

Keyframe adalah frame dimana kita hendak menentukan titik perubahan pada animasi yang hendak dibuat. Pada animasi (frame by frame) semua frame yang ingin kita buat berubah merupakan keyframe. Untuk membuat keyframe caranya:
1.    Pilih frame yang hendak diberi keyframe
2.    Klik kanan pada frame tersebut
3.    Pilih Insert Keyframe


Animasi dengan Motion Tweening

Sangatlah repot jika kita harus membuat animasi secara frame by frame, selain waktu yang lama ukuran file pun akan membengkak. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk menggunakan fasilitas Motion Tween pada Macromedia Flash. Dengan ini kita hanya perlu menentukan titik awal dan titik akhir dari animasi yang hendak kita buat.
Untuk lebih jelasnya maka kita akan membuat animasi sederhana dengan cara motion tween dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.    Buat sebuah movie baru dengan memilih menu File>New. Kemudian simpan dengan nama tween.fla
2.    Pilih frame pertama
3.    Impor gambar ke stage (ctrl + R)
4.    Klik kanan pada keyframe pertama lalu pilih create motion tween
5.    Insert keyframe pada frame 20, lalu pindahkan gambar mobil ke arah kanan.
6.   Untuk melihat hasil dari animasi yang baru saja dibuat, pilih menu Control>Play atau cukup tekan (Ctrl+Enter). Sekarang anda telah menguasai cara membuat animasi sederhana dengan menggunakan motion tweening.

Properti Motion Tween

Untuk pengaturan motion tween, dapat dilakukan melalui Property inspector. Option motion tween dapat diatur ketika frame yang telah diberi tween dipilih.
Properti-properti motion tween adalah sebagai berikut:
·  Tween: Dalam menu ini teradapat pilihan antara motion tween, motion shape, atau tidak kedua-duanya (dalam bahasan kali ini menu yang dipilih adalah motion tween)
·  Scale: tandai menu ini jika terdapat perubahan ukuran dalam animasi
·  Rotate: Menentukan jenis dan frekuensi putaran dalam animasi
· Orient to path: tandai menu ini saat menggunakan layer motion guide. Ini dapat membuat objek mengikuti guide line dengan titik acuan titik tengah objek
·  Sync: tandai menu ini untuk me-synchronizes-kan animasi dalam simbol pada time line yang terdapat didalamnya.
·   Snap: tandai menu ini untuk menyambungkan objek dengan motion guide
·   Ease: digunakan untuk mengatur akselerasi dari sebuah objek dalam motion tween


Motion Guide

Motion guide berfungsi untuk membuat objek yang hendak dianimasikan berjalan sesuai dengan path yang telah ditentukan. Hal ini sangat berguna untuk membuat gerakan-gerakan animasi yang cukup rumit. Disini anda hanya membutuhkan sebuah garis yang akan dijadikan titik acuan gerakan, dan membuatnya menjadi motion guide, maka objek yang akan dianimasikan akan mengikuti garis acuan yang telah dibuat. Untuk lebih jelasnya kita akan membuat sebuah animasi sederhana dengan menggunakan motion guide. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:
1.    Buat sebuah movie baru dengan cara memilih menu File>New, kemudian save file tersebut dengan nama motionguide.fla.
2.    Create new symbol kemudian isi Name dengan kupu-kupu dan behavior dengan Graphic

3.    Impor gambar kupu2 ke stage
4.    Buka Library, drag gambar kupu-kupu ke layar kerja.
5.   Ganti nama layer anda dengan kupu-kupu dengan cara mengklik ganda layer1, lalu tekan Enter.
6.   Kemudian buat guide layer-nya dengan cara klik kanan layer kupu2 lalu pilih Add Motion Guide.
7.   Setelah guide layer dibuat, pastikan anda bekerja pada layer tersebut dengan cara klik layer tersebut. Lalu buatlah path seperti berikut :

8.    Pilih frame pertama pada kupu2, klik kanan lalu pilih Create Motion tween.
9.   Insert keyframe pada frame 40 pada Guide layer, dan buat juga keyframe pada frame 40 pada Layer kupu-kupu. Dan Drag kupu-kupu sampai ke ujung path yang telah dibuat.

10.  Uji movie yang telah anda buat dengan cara memilih menu Control>Play (Ctrl+Enter). Kupu-kupu akan berjalan sesuai dengan path yang telah kita gambarkan sebelumnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar