Senin, 27 Mei 2013

Button Symbol


 Button Symbol


Symbol Button memiliki empat frame tersendiri dalam timeline. Tiga frame pertama mendefinisikan state tombol yaitu: up, over, dan down. Frame pertama adalah Up state, yang merupakan tampilan tombol pada kondisi normal. Frame kedua adalah Over state, yang inisialisasi ketika user menempatkan mouse di atas tombol tersebut. Frame ketiga adalah Down state, yang merupakan tampilan tombol ketika user menekan tombol tersebut dengan menggunakan mouse. Frame ke empat yang mendefinisikan active area. Area ini merupakan area dimana user harus menempatkan mouse untuk mengaktifkan state lain dari tombol ini. Anda dapat menempatkan action ke instance dari button yang akan memberitahukan apa yang harus dilakukan Flash ketika tombol di tekan.

  Membuat sebuah Button

1.     Klik menu Insert, lalu klik New Symbol.
2.     Pilih option Button.
3.     Klik OK
4.     Masukkan artwork pada keyframe di frame pertama yang mewakili Up state dari button
5.     Klik menu Insert, kemudian Timeline, lalu klik Keyframe untuk menambah sebuah keyframe pada frame kedua (Over state).
6.     Ubah artwork atau tambah artwork baru di frame ini.
7.     Klik menu Insert, kemudian Timeline, lalu klik Keyframe untuk menambah sebuah keyframe pada frame ketiga (Down state).
8.     Ubah artwork atau tambah artwork baru pada frame ini.
9.     Klik menu Insert, kemudian Timeline, lalu klik Keyframe untuk menambah sebuah keyframe pada frame ke empat (active area).
10. Tambahkan sebuah graphic sederhana (sebuah rectangle atau oval) untuk mendefinisikan active area.
11. Klik menu Control, lalu klik Test Movie untuk menguji movie anda.

Pengaturan Posisi Button

Anda dapat mengatur posisi dari beberapa button sekaligus pada sepanjang sumbu vertikal pada Stage dengan memanfaatkan panel Align.
1.    Pada Timeline, dengan layer Copy terseleksi, buat layer baru dengan nama Buttons. Lock semua layer kecuali layer Button.
2.    Pada menu pop-up Stage View yang ada pada kanan atas Stage, perbesar view Stage anda menjadi 150%. Kemudian scroll ke sebelah kanan bawah Stage.
3.    Drag Button 1 dari panel Library buttons.fla dan pilih lokasi yang anda inginkan pada Stage.
4.    Ulangi langkah 3 hingga terbentuk beberapa button yang saling berdampingan pada stage.
5.    Drag mouse untuk menyeleksi seluruh button dengan menggunakan Arrow tool.

6.    Untuk membuka panel Align, pilih Window > Align. Pastikan bahwa To Stage tidak terseleksi jika anda tidak ingin mengatur posisi button relatif terhadap Stage. Klik Align Vertical Center, kemudian klik Distribute Horizontal Center.



Untuk mengontrol pergerakan playhead dalam Timeline, anda dapat menggunakan ActionScript yang merupakan bahasa scripting pada Flash.
1.    Tambahkan sebuah layer baru pada Button Animation Timeline dan beri nama Actions.
2.    Pada layer Actions, tambahkan keyframe ke Frame 15.
3.    Jika Actions panel tidak terbuka, pilih Window > Actions.
4.    Dengan Action layer Frame 15 terpilih, pilih kategori Actions > Movie Control pada toolbox Actions dan klik ganda stop. Action stop membantu anda mengatur agar playhead berhenti ketika telah mencapai Frame 15.



Dalam Button Animation Timeline, Frame 15 pada layer Actions menampilkan a kecil, yang mengindikasikan bahwa sebuah action sudah ditambahkan pada frame tersebut.



 Menambahkan Navigasi Button

Untuk menambahkan navigasi yang mengarahkan button agar membuka Web site, anda dapat menggunakan action getURL.
1.    Pilih Edit > Edit Document atau klik Scene 1 untuk kembali ke movie utama.
2.    Pada Stage, klik Button 1.
3.  Dalam Actions panel, pilih Actions > Browser/Network dan klik ganda pada getURL.
4. Dalam text box URL, masukkan sebuah URL lengkap, seperti misalnya http://www.macromedia.com.
5.  Pada menu pop-up Window, pilih _blank untuk membuka window browser baru apabila user meng-klik Button 1.

6.   Simpan file anda, kemudian pilih Control > Test Movie untuk menguji file anda. Klik Button 1 untuk menuju ke Web site yang telah anda berikan pada langkah ke 4.
7.   Tutup browser dan juga file SWF, kemudian kembali pada lingkungan kerja Flash. Jika mau, anda dapat memilih button-button yang lain untuk memberikan navigasi ke web site yang berbeda-beda dengan mengulangi langkah 3 sampai 7. Setelah selesai membuat link pada button¸ tutup Actions panel.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar