Selasa, 28 Mei 2013

Dasar Penulisan Action Script dalam Flash : Button

     Macromedia Flash memiliki fasilitas berupa Action Script, yang dapat kita manfaatkan sebagai media dalam membuat suatu program aplikasi, multimedia, CD interaktif bahkan game. Macromedia Flash memiliki ratusan script dengan fungsi yang berbeda-bedaakan tetapi yang sering digunakan hanya beberapa script saja, sehingga akan memudahkan kita apabila kita masih awam terhadap Flash maupun Action Script-nya.

     Dalam Flash terdapat dua mode panel penulisan script yaitu mode normal dan mode expert. Pada dasarnya mode expert lebih mudah untuk dipelajari daripada mode normal.

Pola Penulisan Action Script dalam Flash 
Action script dalam flash dapat dituliskan pada 3 tempat yaitu pada button, pada movieclip, dan pada frame dengan aturan yang berbeda. 

Pola Penulisan Action Script pada Button
     Cara penulisan action pada tombol adalah sebagai berikut :
1. Buatlah sebuah kotak dengan menggunakan rectangle tool. Anda juga bisa membuat rounded rectangle dengan memilih option rounded rectangle radius.

Seting dalam membuat kotak

2. Buatlah static text “tombol” tepat diatas kotak yang sebelumnya telah kita buat, caranya klik text tool, kemudian buka properties dan atur jenis huruf, ukuran dan warna. Buka panel properties (apabila belum terbuka pilih menu window>properties). Pastikan option static text pada text type.

 Text tool dan text properties

Bentuk tombol

3. Seleksi kotak dan text tersebut, kemudian konvert menjadi symbol dengan dengan menekan tombol F8 (pilih menu insert>convert to symbol). Pilih button pada option behaviour dan ketikan tombol pada name.

Convert to symbol

4. Double klik tombol tersebut untuk memasuki mode edit. Perhatikan dalam symbol bertipe button terdapat 4 frame yaitu up, over, down dan hit. Up menunjukan kondisi normal suatu tombol. Over menunjukan kondisi tombol saat mouse berada tepat di atasnya. Down menunjukan kondisi tombol saat ditekan dan Hit
merupakan area penekanan (sensor) tombol tersebut.

 Frame pada symbol button

5. Klik frame over kemudian masukan keyframe dengan menekan tombol F6 (pilih menu insert>keyframe). Ubah warna dan ukuran tombol pada frame over tersebut. Untuk frame Down dan Hit biasanya bisa kita abaikan.
Penambahan keyfame pada frame over


Perbedaan warna dan ukuran antara frame up dan frame over

6. Tekan tombol Ctrl-E untuk kembali ke Stage utama. Klik tombol dan dalam kondisi tombol terpilih buka panel action ( tekan F9 atau klik menu windows>action apabila panel action belum terbuka dan pastikan mode penulisan adalah mode expert jika menggunakan flash MX atau Flash 8).
Kemudian ketikan script sebagai berikut :

on (release){
// menampilkan pesan pada output panel saat tombol ditekan
trace(“tombol ditekan”);
}
action pada button

7. Jalankan movie dengan menekan tombol Ctrl+Enter. Tekan tombol tersebut, maka akan muncul tampilan “tombol ditekan” pada output panel. Tekan tombol Ctrl+W untuk kembali ke stage

Penjelasan pola penulisan action script pada button adalah sebagai berikut :
1. Action pada button harus dimulai dengan script on()
2. Di dalam tanda kurung () pada scrip on berisi mouse event seperti release, press, dragover, rollout dan sebagainya. Mouse event menyatakan sebuah kejadian yang akan di eksekusi oleh action tersebut saat mouse melakukan kegiatan tertentu. Sebagai contoh : mouse event release berarti perintah dalam blok { } akan dijalankan ketika mouse menekan tombol.
3. Tanda { merupakan awal suatu blok script. Yang dimaksud dengan blok scrip adalah suatu kumpulan perintah yang akan dijalankan sepanjang movie event.
4. Tanda // merupakan tanda yang menyatakan komentar. Baris yang memiliki tanda tersebut tidak dianggap sebagai suatu perintah. Meskipun demikian tanda // sangat membantu memberi informasi pada penulisan action scrip kita.
5. Baris trace(“tombol ditekan”); merupakan baris perintah. Perintah dalam button harus ditulis didalam sebuah blok mouse event. Setiap akhir penulisan sebuah perintah selalu diakhiri dengan tanda ;
6. Tanda } merupakan penutup suatu blok script.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di kumpulan tutorial-tutorial gratis

Posting Komentar