Minggu, 08 Januari 2012

Multimedia


Pengertian Multimedia


Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi. Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.


“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. 

Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
 
'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.


Multimedia

Media dan konten yang menggunakan kombinasi yang berbeda bentuk konten . Istilah ini dapat digunakan sebagai kata benda (media dengan beberapa isi formulir) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media sebagai memiliki beberapa bentuk konten. Istilah ini digunakan dalam media yang berbeda dengan hanya menggunakan layar komputer dasar seperti teks saja, atau bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau tangan-diproduksi. Multimedia termasuk kombinasi teks , audio yang , gambar diam , animasi , video yang , atau interaktivitas bentuk konten.  Multimedia biasanya direkam dan diputar, ditampilkan atau diakses oleh informasi konten perangkat pengolahan, seperti perangkat komputer dan elektronik, tetapi juga dapat menjadi bagian dari live performance. Multimedia (sebagai kata sifat) juga menjelaskan media elektronik perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan pengalaman multimedia konten.Multimedia dibedakan dari media campuran dalam seni rupa ; oleh termasuk audio, misalnya, ia memiliki lingkup yang lebih luas. Istilah "media yang kaya" adalah sinonim untuk multimedia interaktif . Hypermedia dapat dianggap salah satu aplikasi multimedia tertentu.

Penggolongan multimedia

 

Linear konten aktif berlangsung tanpa kontrol navigasi untuk penampil seperti presentasi bioskop . Non-linear konten menawarkan pengguna interaktivitas untuk mengontrol kemajuan seperti yang digunakan dengan video game atau digunakan dalam sendiri mondar-mandir pelatihan berbasis komputer . Hypermedia adalah contoh non-linear konten. Multimedia presentasi dapat hidup atau direkam. Sebuah presentasi dicatat memungkinkan interaktivitas melalui sistem navigasi . Sebuah presentasi multimedia hidup dapat memungkinkan interaktivitas melalui interaksi dengan presenter atau pemain.

Mayor karakteristik multimedia

 

Presentasi multimedia dapat dilihat oleh orang di panggung , diproyeksikan , ditransmisikan , atau dimainkan secara lokal dengan media player . Sebuah siaran dapat presentasi multimedia hidup atau direkam.. Siaran dan rekaman dapat berupa analog atau digital teknologi media elektronik. Digital secara online multimedia dapat didownload atau streaming. Multimedia streaming mungkin hidup atau on-demand.

Permainan multimedia dan simulasi dapat digunakan dalam lingkungan fisik dengan efek khusus, dengan beberapa pengguna dalam online jaringan , atau secara lokal dengan komputer offline, sistem game , atau simulator. Berbagai format multimedia teknologi atau digital mungkin dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna ', misalnya untuk membuat lebih mudah dan lebih cepat untuk menyampaikan informasi. Atau dalam hiburan atau seni, untuk mengatasi pengalaman sehari-hari.

Peningkatan tingkat interaktivitas dimungkinkan dengan menggabungkan berbagai bentuk isi media. online multimedia semakin menjadi berorientasi objek dan data-driven, memungkinkan aplikasi dengan kolaborasi pengguna akhir inovasi dan personalisasi pada berbagai bentuk konten dari waktu ke waktu. Contoh kisaran ini dari beberapa bentuk konten di situs Web seperti galeri foto dengan kedua gambar (foto) dan judul (teks) pengguna-update, untuk simulasi yang co-efficients, acara, ilustrasi, animasi atau video yang dimodifikasi, yang memungkinkan multimedia "pengalaman" untuk diubah tanpa pemrograman ulang. Selain melihat dan mendengar, teknologi Haptic memungkinkan benda-benda virtual yang akan dirasakan. Teknologi baru yang melibatkan ilusi rasa dan bau juga dapat meningkatkan pengalaman multimedia.

Terminologi

 

Sejarah istilah


Istilah "multimedia" diciptakan oleh Bob Goldstein (kemudian ' Bobb Goldsteinn ') untuk mempromosikan Juli 1966 pembukaan nya "LightWorks di L'Oursin" pertunjukan di Southampton , Long Island. On August 10, 1966, Pada tanggal 10 Agustus 1966, Richard Albarino dari Varietas meminjam terminologi, pelaporan: "gagasan songscribe-komik Bob (' Washington Square ') Goldstein, yang' Lightworks 'adalah multi-media terbaru musik-cum-visual untuk debut sebagai diskotik ongkos. " Dua tahun kemudian, pada 1968 , istilah "multimedia" itu kembali disesuaikan untuk menggambarkan karya seorang konsultan politik, David Sawyer, suami dari Iris Sawyer-salah satu produsen Goldstein di L'Oursin.

Dalam empat puluh tahun berselang, kata telah diambil pada arti yang berbeda. Pada akhir 1970-an istilah ini digunakan untuk menjelaskan presentasi yang terdiri dari multi-slide proyektor waktunya untuk track audio.Namun, oleh 'multimedia' tahun 1990-an mengambil makna saat ini. Dalam edisi 1993 pertama dari McGraw-Hill Multimedia: Membuat Ini Bekerja, Tay Vaughan menyatakan "Multimedia merupakan kombinasi teks, seni grafis, suara, animasi, dan video yang dikirimkan oleh komputer. Ketika Anda membiarkan pengguna - penampil dari proyek - untuk mengontrol apa dan kapan elemen ini disampaikan, itu adalah multimedia interaktif. Bila Anda memberikan struktur elemen terkait di mana pengguna dapat menavigasi, interaktif multimedia menjadi hypermedia ". Masyarakat bahasa Jerman, Gesellschaft für deutsche Sprache , memutuskan untuk mengakui signifikansi kata dan ubiquitousness pada 1990-an dengan pemberian itu judul 'Firman Tahun' pada tahun 1995. Lembaga ini menyimpulkan pemikiran dengan menyatakan "[Multimedia] telah menjadi sebuah kata sentral dalam dunia media baru yang indah" Dalam penggunaan umum, multimedia merujuk pada kombinasi elektronik disampaikan media termasuk video, gambar diam, audio, teks sedemikian rupa sehingga dapat diakses secara interaktif. Sebagian besar konten di web hari ini jatuh dalam definisi ini sebagaimana yang dipahami oleh jutaan. Beberapa komputer yang dipasarkan pada 1990-an disebut "multimedia" komputer karena mereka dimasukkan drive CD-ROM, yang memungkinkan untuk pengiriman beberapa ratus megabyte video, gambar, dan data audio.

 

Penggunaan Word dan konteks


Karena media adalah jamak dari media, istilah "multimedia" adalah pleonasm jika "multi" digunakan untuk menggambarkan beberapa kejadian hanya salah satu bentuk media seperti koleksi CD audio  Inilah sebabnya mengapa penting bahwa kata "multimedia" digunakan secara eksklusif untuk menggambarkan berbagai bentuk media dan konten. Konten statis (seperti buku kertas) dapat dipertimbangkan multimedia jika berisi gambar dan teks atau dapat dianggap interaktif jika pengguna berinteraksi dengan memutar halaman di akan. Buku juga dapat dianggap non-linear jika halaman yang diakses non-berurutan. "Video" istilah, jika tidak digunakan secara eksklusif untuk menggambarkan fotografi gerak, tidak jelas dalam istilah multimedia. Video ini sering digunakan untuk menggambarkan format file, format pengiriman, atau format presentasi bukan " rekaman "yang digunakan untuk membedakan fotografi gerakan dari " animasi "dari diberikan citra gerak. Beberapa bentuk dari konten informasi sering tidak dianggap bentuk modern dari presentasi seperti audio atau video. Demikian juga, bentuk tunggal isi informasi dengan metode tunggal pengolahan informasi (misalnya non-interaktif audio) sering disebut multimedia, mungkin untuk membedakan statis media dari aktif media. Dalam seni Rupa , misalnya, Leda Luss Luyken 's ModulArt membawa dua elemen kunci dari komposisi musik dan film ke dunia lukisan: variasi tema dan pergerakan dan dalam gambar, membuat ModulArt suatu interaktif multimedia bentuk seni. seni pertunjukan juga dapat dipertimbangkan mengingat pemain multimedia dan alat peraga adalah berbagai bentuk baik konten dan media.

 

Penggunaan / Aplikasi

 

Multimedia menemukan penerapannya dalam berbagai bidang termasuk, namun tidak terbatas pada, iklan , seni , pendidikan , hiburan , teknik , kedokteran , matematika , bisnis , penelitian ilmiah dan aplikasi sementara spasial  Beberapa contoh adalah sebagai berikut:

Kreatif industri

 

Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan mulai dari seni rupa, untuk hiburan, untuk seni komersial, untuk jurnalisme , untuk media dan layanan perangkat lunak yang disediakan untuk setiap industri tercantum di bawah ini. Seorang desainer multimedia individu mungkin mencakup spektrum sepanjang karir mereka. Permintaan untuk rentang keterampilan mereka dari teknis, analitis, untuk kreatif.

 

Umum

 

Sebagian besar elektronik yang lama dan media baru yang digunakan oleh seniman komersial adalah multimedia. Presentasi yang menarik digunakan untuk meraih dan mempertahankan perhatian dalam periklanan . Bisnis ke bisnis, dan komunikasi antar sering dikembangkan oleh jasa kreatif perusahaan untuk presentasi multimedia canggih melampaui slide sederhana menunjukkan untuk menjual ide atau menghidupkan-up pelatihan. Pengembang multimedia komersial dapat disewa untuk desain untuk layanan pemerintah dan nirlaba layanan aplikasi juga.

 

Hiburan dan seni rupa

 

Selain itu, multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Game multimedia adalah hobi populer dan program perangkat lunak tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Beberapa video game juga menggunakan fitur multimedia. Aplikasi multimedia yang memungkinkan pengguna untuk secara aktif berpartisipasi, bukan hanya duduk sebagai penerima informasi yang pasif disebut Multimedia Interaktif. Dalam Seni ada seniman multimedia , yang pikirannya mampu berbaur teknik menggunakan media yang berbeda yang dalam beberapa cara menggabungkan interaksi dengan pemirsa. Salah satu yang paling relevan bisa Peter Greenaway yang perpaduan Cinema dengan Opera dan segala macam media digital. Pendekatan lain memerlukan penciptaan multimedia yang dapat ditampilkan di arena seni rupa tradisional, seperti galeri seni . Meskipun bahan tampilan multimedia dapat mudah menguap, bertahan hidup dari konten kuat seperti media tradisional. Merekam materi digital mungkin hanya sebagai tahan lama dan tak terbatas direproduksi dengan salinan sempurna setiap waktu.

 

Pendidikan

 

Dalam Pendidikan , multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer program (populer disebut CBTs) dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanak. Sebuah CBT memungkinkan pengguna melalui serangkaian presentasi, teks tentang topik tertentu, dan ilustrasi terkait dalam format berbagai informasi. Edutainment adalah istilah informal digunakan untuk menggambarkan menggabungkan pendidikan dengan hiburan, hiburan khususnya multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang secara dramatis karena pengenalan multimedia. Beberapa baris penelitian telah berkembang (misalnya beban kognitif , pembelajaran multimedia , dan berjalan pada daftar). The possibilities for learning and instruction are nearly endless. Kemungkinan untuk belajar dan instruksi yang hampir tak terbatas. Ide konvergensi media juga menjadi faktor utama dalam pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Didefinisikan sebagai teknologi yang terpisah seperti suara (dan fitur telepon), data (dan aplikasi produktivitas) dan video yang berbagi sumber daya sekarang dan berinteraksi satu sama lain, sinergis menciptakan efisiensi baru, konvergensi media dengan cepat mengubah kurikulum di universitas di seluruh dunia. Demikian juga, itu adalah mengubah ketersediaan, atau kekurangan itu, dari pekerjaan yang membutuhkan keterampilan teknologi cerdas.

 

Jurnalisme : Koran perusahaan di seluruh juga mencoba untuk merangkul fenomena baru dengan menerapkan praktek-praktek dalam pekerjaan mereka. Sementara beberapa telah lambat untuk datang, surat kabar utama lainnya seperti The New York Times , USA Today dan The Washington Post yang menetapkan preseden untuk posisi industri surat kabar di dunia global. Berita pelaporan tidak terbatas pada media tradisional. Wartawan lepas dapat menggunakan media baru yang berbeda untuk menghasilkan potongan multimedia untuk berita mereka. Ini melibatkan penonton global dan menceritakan kisah-kisah dengan teknologi, yang mengembangkan teknik komunikasi baru untuk para produsen media dan konsumen. Proyek Common Language adalah contoh dari jenis produksi jurnalisme multimedia. Wartawan multimedia yang mobile (biasanya mengemudi di sekitar komunitas dengan kamera, perekam audio dan video, dan wifi-dilengkapi komputer laptop) sering disebut sebagai Mojos , dari mo urnalist jo empedu.

 

Rekayasa : Insinyur perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam Simulasi Komputer untuk apa pun dari hiburan untuk pelatihan seperti pelatihan militer atau industriMultimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.

 

Industri : Di sektor industri , multimedia digunakan sebagai cara untuk membantu menyajikan informasi kepada pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Multimedia juga sangat membantu untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi

 

Matematika penelitian dan ilmiah : Dalam matematika dan penelitian ilmiah , multimedia terutama digunakan untuk pemodelan dan simulasi. Misalnya, ilmuwan bisa melihat pada model molekul suatu zat tertentu dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia .

 

Pengobatan ; Dalam Kedokteran , dokter bisa dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh penyakit disebarkan oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.

 

Dokumen pencitraan : Dokumen imaging adalah teknik yang membutuhkan hard copy dari suatu gambar / dokumen dan mengubahnya menjadi format digital (misalnya, scanner).

 

Cacat : Media Kemampuan memungkinkan mereka penyandang cacat untuk memperoleh kualifikasi di bidang multimedia sehingga mereka dapat mengejar karier yang memberi mereka akses ke berbagai macam bentuk komunikasi yang kuat.

Lain-lain :  

Di Eropa, organisasi referensi untuk industri Multimedia adalah Multimedia Asosiasi Konvensi Eropa (EMMAC).

 

Penataan informasi dalam bentuk multimedia

 

Multimedia merupakan konvergensi teks, gambar, video dan suara ke dalam bentuk tunggal. Kekuatan multimedia dan internet terletak pada cara di mana informasi terkait. Multimedia dan Internet membutuhkan pendekatan yang sama sekali baru untuk menulis. Gaya penulisan yang sesuai untuk 'dunia on-line' sangat dioptimalkan dan dirancang untuk dapat dengan cepat dipindai oleh pembaca. Sebuah situs yang baik harus dibuat dengan tujuan tertentu dalam pikiran dan situs dengan interaktivitas yang baik dan teknologi baru juga dapat berguna untuk menarik pengunjung. Situs harus menarik dan inovatif dalam, fungsi desain dalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, sering diperbarui dan cepat untuk men-download. Ketika pengguna melihat halaman, mereka hanya dapat melihat satu halaman pada satu waktu. Akibatnya, pengguna multimedia harus membuat "model mental dari struktur informasi '.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar